Sabtu, 26 Mei 2012

Tips sederhana Notepad

4 Fitur Sederhana Dari Notepad
Ilmu Komputer - Notepad adalah program standar pada Windows yang terletak pada Start > All Programs > Accessories atau melalui klik kanan pada desktop > New > Text Document. Program Notepad digunakan untuk mengetik memo-memo atau tulisan. Meskipun program Notepad jauh lebih sederhana dari program standar lainnya seperti Wordpad atau bahkan Microsoft Word namun program ini mempunyai fitur yang sangat luas disamping untuk mengetik tulisan-tulisan sederhana, untuk keperluan yang lebih luas lagi program ini mampu mengerjakan hal-hal yang rumit seperti: membuat virus, membuat website html, membuat perintah registry hingga yang lebih gila lagi untuk membuat file yang bertujuan untuk “merusak” atau bahkan untuk membuat proteksi seperti yang dijelaskan pada tulisan cara buat flesdisk jadi kebal.
4 fitur sederhana dari notepadTentu saja pada tulisan kali ini tidak akan dibahas mengenai trik-trik tersebut melainkan beberapa fitur sederhana lainnya dibalik kegunaan notepad yang sangat luas itu. :-)

Menyimpan File non .txt dengan Notepad

Notepad mampu mengkonversi file standar teks (.txt) kedalam banyak format-format bahasa pemrograman seperti .ASP, .BAT, .PHP, .JS dan banyak lagi. Banyak programmer yang melakukan pengeditan bahasa pemrograman melalui notepad karena alasan program notepad yang lebih fast-loading ketimbang software pemrograman lain. Untuk mengkonversi file .txt pada notepad hanya dengan melalui File > Save as. Lalu pada kolom ekstensi bagian bawah pilih All files. Setelah itu anda mengetikkan nama file dengan format yang dituju, misalnya file kerja.php , file coba.bat dsb.

Memunculkan Informasi Waktu pada Layar Kerja Notepad

Notepad juga banyak digunakan pengguna untuk menulis diary atau catatan kecil tentang suatu kejadian mereka saat itu juga sehingga adakalanya ketika anda menulis sesuatu, informasi tanggal dan waktu menjadi cukup penting misalnya untuk mencatat buku harian dsb. Untuk memunculkan informasi jam pada file notepad yang sedang diketik, cukup menekan F5 pada keyboard. Silakan mencoba :-)

Mode Ringkas Word Wrap

Adakalanya ketika anda mendapatkan file notepad yang berisi tulisan yang sangat panjang, maka tulisan tersebut akan melebar hingga kesamping sehingga anda perlu menggeser scroll bar untuk membaca tulisan lanjutannya. Pada Microsot Word jumlah kapasitas teks disesuaikan dengan ukuran kertas pada layar kerja, namun tidak demikian halnya dengan Notepad. Oleh karena itu anda mengakali hal ini dengan fitur Word Wrap melalui menu Format > pilih Wordwrap. Kini panjang teks akan disesuaikan dengan ukuran layar Windows anda.

Mengganti Font Notepad

Secara default, jenis tulisan (font) yang digunakan oleh Notepad adalah Lucida Console (style:regular, size:10). Barangkali ada diantara pengguna yang cukup bosan dengan font notepad yang sangat sederhana tersebut maka anda dapat menggantinya melalui menu Format > Font.. Kemudian anda dapat merubah jenis font apapun yang anda inginkan. Untuk selanjutnya font yang anda pilih akan dijadikan format standar untuk berikutnya.
Demikianlah informasi mengenai 4 Fitur Sederhana Dari Notepad. Semoga bermanfaat! :-)


Kata-Kata Yang Tidak Dapat di Save pada Notepad

Kata-Kata Yang Tidak Dapat di Save pada NotepadBagi para pengguna Windows tentunya sudah tidak asing lagi dengan fitur Notepad (diakses melalui Klik Kanan pada desktop > Pilih Notepad). Fitur Notepad sangat praktis karena menggunakan sedikit sekali resource sehingga sangat cepat diakses dan bisa disimpan ke berbagai format dokumen. Untuk cakupan yang lebih luas, Notepad juga dapat digunakan untuk mendesain sebuah website dengan mengetikkan kode Html pada halaman kosong, atau digunakan sebagai perintah untuk merubah registry, bahasa pemrograman sederhana hingga yang lebih ekstrim lagi; menciptakan virus! :D
Oleh karena kegunaannya yang sangat meluas, tentu saja notepad dapat mendukung bermacam-macam bahasa penulisan dan permrograman WALAUPUN pada kenyataannya ada beberapa kalimat sederhana yang ternyata tak dapat tersimpan secara utuh bila kata – kata tersebut diketikkan pada notepad. :-P
1. Sekarang, cobalah anda buka aplikasi notepad anda, dengan klik kanan pada desktop > new > Notepad.
2. Lalu coba anda ketikkan kata – kata berikut ini : bill fed the goats lalu simpan file tersebut. Lalu tutup file yang baru anda buat tersebut dan buka kembali dan lihat apa yang terjadi disana?  Ternyata kalimat tersebut menjadi tidak terbaca / rusak.
Selain kalimat  ‘bill fed the goats’  sebenarnya terdapat kalimat lain yang juga tidak dapat tersimpan. Cobalah anda mengetikkan kalimat bill sux dog dicks atau dont eat the donut :-D
Sekarang pertanyaannya adalah mengapa kalimat tersebut tidak dapat disimpan? Bila kita cermati secara seksama tentunya kita mengetahui siapa orang yang memiliki nama Bill yang disebutkan pada kalimat tersebut. Gates! :-D
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Guru Tulis

TIPS & TRIK